Header Ads

Mengapa Utang Tidak Pernah Habis?


Rasanya sebagian besar orang pernah terlibat dengan urusan utang piutang. Kalau ada survei yang menghitung berapa banyak pembaca yang saat ini sedang memiliki pinjaman (pinjaman dari  perbankan, koperasi, lembaga pembiayaan atau pinjaman dari teman, tetangga dan keluarga), Saya yakin lebih banyak  yang memiliki pinjaman dibanding yang tidak memiliki pinjaman.

Sebenarnya pinjaman juga adalah salah satu bagian dari strategi pengelolaan arus kas keluarga, selama pinjaman tersebut dikelola secara bijak.

Namun adakalanya, utang berbalik menjadi jerat seperti labirin yang memaksa kita untuk masuk semakin dalam sehingga semakin sulit menemukan jalan keluarnya. Untuk utang produktif pada umumnya tidak akan menjadi masalah, karena pinjaman tersebut dapat membiayai dirinya sendiri. Lain halnya dengan pinjaman yang bersifat konsumtif. Robert T. Kyosaki menyebut pinjaman konsumtif sebagai “utang jahat” karena melibatikan diri dengan pinjaman konsumtif membuat kita merampas pendapatan kita di masa depan untuk memuaskan keinginan kita hari ini.

Ada beberapa kebiasaan yang membuat masalah utang tidak pernah beranjak jauh-jauh dari kita. Beberapa penyebabnya antara lain:

 Menambah Utang Baru
Utang lama masih tersisa banyak namun kita tergoda untuk membuat utang baru. Jika utang baru tersebut tidak menggerus pendapatan, mungkin tidak akan menjadi masalah berarti. Namun bagaimana jika dengan menambah pinjaman baru, total saldo pinjaman kita juga meningkat sehingga kita semakin kewalahan membayar tagihan-tagihannya. Jangan lupa saat membayar utang, kita harus membayar pokok plus bunga pinjaman. Jadi semakin besar saldo pinjaman, semakin besar pula kewajiban kita. Menutupi pinjaman lama dengan pinjaman baru atau gali lobang tutup lobang juga sama saja dampaknya.

Menunda pembayaran
Sebenarnya menunda kewajiban hanya memindahkan masalah hari ini ke hari esok. Padahal hari esok juga sudah memiliki masalah yang harus kita hadapi. Jadi sedapat mungkin bayarlah pinjaman tepat waktu. Apalagi beberapa lembaga keuangan memberikan pinalti untuk setiap keterlambatan pembayaran debiturnya yang jumlahnya semakin tinggi seiring semakin lamanya keterlambatan pembayaran si debitur. Pinalti ini cukup merugikan.

 Membayar Minimal
Jebakan lain dalam jerat utang adalah pembayaran angsuran minimal. Untuk pinjaman dengan sistem pembayaran flat dan anuitas mungkin kita tidak diberi banyak kebebasan untuk memilih besaran angsuran setiap periode pembayaran. Namun untuk sistem pembayaran efektif, kita dapat membayar lebih besar dari standar pembayaran angsuran minimal yang diwajibkan. Dengan membayar angsuran minimal kita hanya akan memperpanjang jangka waktu pelunasan utang.

 Kredit dengan Bunga 0%
Seringkali kita terpesona dengan promo seperti ini dan promo kredit berbunga lunak lainnya yang seringkali digunakan pada iklan kredit gadget dan barang-barang mewah.  Jika tergoda, akhirnya kita pun jatuh ke dalam jerat utang konsumtif. Memang pada umumnya jangka waktu pembayaran untuk kredit seperti ini tidak lama, hanya 6 bulan sampai satu tahun. Tapi jika kita sering-sering terlibat dengan utang seperti ini, kita juga tidak kunjung keluar dari belitan utang.

 Utang pada orang dekat
Pinjaman pada keluarga, tetangga, atau teman dekat memang benar-benar tanpa bunga. Tapi tak jarang karena tidak diikat oleh akad kredit seperti pinjaman pada lembaga keuangan, kita jadi melalaikan pembayarannya. Ini juga yang menyebabkan beberapa orang jadi doyan pada jenis utang yang satu ini sehingga tanpa sadar mereka semakin jauh tenggelam dalam utang. Orang-orang terdekat kita juga mungkin tidak akan segera menagih kalau mereka juga tidak membutuhkan dana tersebut segera. Tapi selagi masih diberi judul “utang”, kita masih memiliki kewajiban yang harus kita penuhi.

Gaya hidup yang tidak sesuai
Jika pendapatan anda sebesar Rp 3.500.000, per bulan mestinya biaya gaya hidup anda tidak lebih dari Rp 3.500.000, per bulan. Jika biaya gaya hidup anda lebih dari itu berarti anda mesti mendatangkan sumber pendapatan tambahan. Jika tidak, kekurangan pendapatan tersebut ditutupi dari utang atau kredit. Gaya hidup seperti inilah yang menyebabkan beberapa orang terus menambah koleksi kartu kreditnya, dan terus jatuh semakin dalam dalam jerat utang.  

Masih ada penyebab-penyebab lain yang tidak bisa diramalkan seperti misalnya penurunan pendapatan yang terjadi tiba-tiba yang membuat kita harus bernegosiasi dengan kreditur dan merestrukturisasi jangka waktu pinjaman menjadi lebih lama. Namun pada umumnya sebagian besar penyebab kita tidak juga keluar dari jerat utang jahat adalah kebiasaan konsumtif kita dalam memenuhi keinginan: “Ambil sekarang, bayar kemudian.”


Jadi langkah pertama yang harus dilakukan untuk keluar dari labirin jerat utang adalah belajar mengelola pinjaman dengan merubah gaya hidup. Merubah gaya hidup pun bukan pekerjaan yang mudah, karena berkaitan dengan perubahan mindset. Dengan menggeser mindset ke arah yang lebih produktif mungkin saja kita tetap berada tidak jauh dari utang. Tapi paling tidak kita telah memperlakukan utang dengan lebih bijak, bukan sebagai sarana memuaskan keinginan belaka tapi menjadi bagian dari cara untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan keluarga. Jauhi utang jahat dan bangunlah utang produktif. (PG)

__________________

ilustrasi gambar dari: www.familyaware.org

5 comments:

  1. Saya Ibu Rose Reed, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (rosereedloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami. Ibu Reed.

    ReplyDelete
  2. Kami adalah Organisasi Kristen dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda berada dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau Anda menemukan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal, hubungi kami melalui email hari ini untuk bantuan tersebut (pinjaman, uang start-up): rebaccamorrisloanfirm @ gmail. com untuk Alkitab mengatakan "" Lukas 11: 10 Setiap orang yang meminta, menerima; dia yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan "jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya. Silakan ini hanya untuk orang-orang yang berpikiran serius dan Allah takut di keuangan kesulitan dan ingin menemukan jalan keluar.

    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________

    Alamat Anda:____________________

    Negara: ____________________

    Kerjamu:__________________

    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________

    Pinjaman Durasi: ____________________

    Pendapatan bulanan: __________________

    Nomor telepon:________________

    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

    Jika Anda telah membuat pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? di mana perusahaan tersebut berlokasi? .

    ReplyDelete
  3. Halo,
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial? , Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Tingkat bunga pinjaman kami adalah 2% per membatalkan durasi dinegosiasikan terlepas dari lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari menghubungi kami melalui email di Alamat Perusahaan: Donwelllisaloanfirm@gmail.com
    CATATAN: Kami memberikan minimal 300,00 US DOLLAR / EURO 300,000,000.00 maksimum US DOLLAR / EURO, ETC Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam dolar AS atau EURO, dan setiap UANG scrap lainnya.
    bunga pencari pinjaman untuk mengisi Out Formulir Aplikasi Kredit di bawah Perjanjian ..
    (PEMINJAM INFORMASI)
    Nama lengkap: ......................
    AGE .............................
    Status pernikahan ..................
    Kontak Alamat: ................
    Negara .........................
    Negara ........................
    Telepon: ..........................
    Email: ..........................
    Pekerjaan: .....................
    Pendapatan bulanan: .........................
    Agama: ..............................
    Kin berikutnya: .......................
    (KREDIT INFORMASI)
    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: ..........
    Jangka waktu pinjaman: ..................
    Agunan: .....................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ...............
    Metode pembayaran: bulanan atau tahunan ...............
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? ................
    Terima kasih karena kami menunggu respon cepat Anda
    Salam,
    Evelyn Harrison
    Manajer di Koperasi
    Hubungi: donwelllisaloanfirm@gmail.com: untuk pinjaman Anda saat ini, kami siap untuk melayani Anda.
    MEMBUTUHKAN KREDIT? Dapatkan Cepat Kembali ke Processment.

    ReplyDelete
  4. Halo,
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial? , Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Tingkat bunga pinjaman kami adalah 2% per membatalkan durasi dinegosiasikan terlepas dari lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari menghubungi kami melalui email di Alamat Perusahaan: Donwelllisaloanfirm@gmail.com
    CATATAN: Kami memberikan minimal 300,00 US DOLLAR / EURO 300,000,000.00 maksimum US DOLLAR / EURO, ETC Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam dolar AS atau EURO, dan setiap UANG scrap lainnya.
    bunga pencari pinjaman untuk mengisi Out Formulir Aplikasi Kredit di bawah Perjanjian ..
    (PEMINJAM INFORMASI)
    Nama lengkap: ......................
    AGE .............................
    Status pernikahan ..................
    Kontak Alamat: ................
    Negara .........................
    Negara ........................
    Telepon: ..........................
    Email: ..........................
    Pekerjaan: .....................
    Pendapatan bulanan: .........................
    Agama: ..............................
    Kin berikutnya: .......................
    (KREDIT INFORMASI)
    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: ..........
    Jangka waktu pinjaman: ..................
    Agunan: .....................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ...............
    Metode pembayaran: bulanan atau tahunan ...............
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? ................
    Terima kasih karena kami menunggu respon cepat Anda
    Salam,
    Evelyn Harrison
    Manajer di Koperasi
    Hubungi: donwelllisaloanfirm@gmail.com: untuk pinjaman Anda saat ini, kami siap untuk melayani Anda.
    MEMBUTUHKAN KREDIT? Dapatkan Cepat Kembali ke Processment.

    ReplyDelete
  5. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Suzan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp700,000,000 (700 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: Suzaninvestment@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: Amisha1213@gmail.com, dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: maaria9925@gmail.com dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: Lukman.karina@yahoo.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.