Header Ads

Mana Gaya Manajemen Konflikmu?


Konflik adalah sesuatu yang wajar terjadi dalam interaksi antara manusia satu dan lainnya. Perbedaan pola pikir, budaya, status sosial, dan aneka perbedaan lainnya menjadi pemicu konflik yang terjadi di tengah-tengah lingkungan kita. Jadi pada dasarnya konflik bukan hal yang negatif, sejauh orang-orang yang terlibat konflik mampu mengelolanya dengan baik. Malah pada beberapa organisasi, konflik dikelola sedemikian rupa untuk meningkatkan produktivitas organisasi tersebut.
Pada akhirnya seberapa efektif konflik dapat diselesaikan pihak-pihak yang terlibat, dipengaruhi oleh gaya masing-masing pihak mengelola konflik tersebut.  Ada yang mampu menghadapi konflik dengan sabar dan berusaha mencari jalan terbaik untuk setiap pihak, ada yang cenderung mengalah agar konflik tidak bertambah panjang, ada pula yang ngotot selalu mau menang apapun konsekuensinya.

Saya ingin berbagi sedikit materi pelatihan Manajemen Konflik yang saya ikuti belum lama ini. Johnson D.W, seorang psikolog, membagi manusia menjadi lima tipe berdasarkan gayanya mengelola konflik yang terjadi. Untuk memudahkan ilustrasi, setiap gaya disimbolkan dengan hewan tertentu. Kelima hewan itu adalah Kura-kura, Kancil, Rubah, Burung Hantu dan Hiu.
Mari kita lihat satu persatu.
  1. Gaya Kura-kura. Apa yang anda bayangkan? Ya, kura-kura adalah hewan yang akan menarik diri kedalam cangkangnya jika merasa tidak aman. Orang pada tipe ini cenderung menghindari konflik dengan menarik diri pada comfort zone-nya. Mereka sedapat mungkin berusaha menghindari masalah  atau menghindari orang-orang yang menurutnya akan memperpanjang masalah yang terjadi. Oleh karena itu mereka cenderung mengalihkan permasalahan pada orang lain. Jika mereka berada pada tuntutan untuk menyelesaikan konflik, mereka sering mengulur-ulur waktu.
  2. Gaya Kancil. Pada kebanyakan fabel, kancil digambarkan sebagai hewan yang punya banyak teman. Orang-orang pada tipe kancil adalah mereka yang berusaha menyelesaikan konflik tanpa banyak ribut dan konfrontasi. Mereka ingin disenangi atau diterima semua pihak. Orang-orang yang memiliki gaya kancil senang pada harmoni dan ketenangan, sehingga menurut mereka konflik bukan untuk dipecahkan tapi untuk didamaikan. Sedapat mungkin konflik harus berujung pada penyelesaian yang membuat lega semua pihak. Walau kadang-kadang mereka harus mempertaruhkan kepentingan dirinya sendiri.
  3. Gaya Rubah. Rubah digambarkan sebagai hewan yang suka berkompromi. Begitu pula dengan cara orang-orang bergaya rubah saat berhadapan dengan konflik. Mereka mengutamakan kompromi saat mengatasi konflik. Agar konflik dapat diselesaikan mereka merasa setiap pihak mesti sedikit mengorbankan kepentingannya untuk mencapai kata sepakat. Tidak boleh ada yang mendominasi di antara pihak-pihak yang berkonflik. Setia pihak harus sama-sama mengalah untuk kepentingan atau kebaikan bersama.
  4. Gaya Burung Hantu. Barangkali dari semua gaya, inilah gaya menyelesaikan konflik yang paling baik. Burung hantu biasa digambarkan sebagai hewan yang bijaksana. Orang-orang bergaya burung hantu selalu berusaha mencari cara terbaik dan kreatif untuk menyelesaikan konflik. Mereka memprioritaskan solusi menang-menang (win-win solution) pada setiap konflik. Mereka pandai mengelola situasi sehingga pihak-pihak yang berkonflik mengambil sudut pandang bahwa konflik itu adalah musuh bersama yang harus diselesaikan. Tipe burung hantu cocok untuk menjadi juru runding atau diplomat karena mereka selalu mampu menemukan jalan keluar terbaik yang selaras dengan tujuan setiap pihak.
  5. Gaya Hiu. Sesuai gambaran hewan yang jadi simbolnya, orang-orang bergaya hiu adalah orang-orang yang senang menggunakan kekuatan atau kekuasaannya untuk meredakan konflik. Mereka sangat menjunjung tinggi kepentingan atau tujuan pribadinya dibanding kepentingan atau tujuan pihak-pihak lain yang berkonflik dengannya. Mereka menganggap dalam setiap konflik harus ada yang menang dan kalah, dan sedapat mungkin mereka jadi pemenangnya. Bila perlu orang-orang bertipe hiu ini akan mengancam, berusaha menaklukan dan menyerang lawannya dengan cara-cara tertentu untuk mencapai tujuannya.
Nah, silahkan  menilai diri sendiri gaya mana yang sering anda gunakan saat menyelesaikan konflik dengan orang lain. Silhakan pula menilai gaya manajemen konflik yang biasa digunakan relasi, pimpinan atau bawahan di tempat kerja anda. Bisa jadi manajemen konflik anda condong pada satu gaya saja, bisa jadi juga kombinasi dari beberapa gaya.
Sebenarnya setiap gaya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga idealnya gaya manajemen konflik disesuaikan dengan situasi dan kondisi dari konflik itu sendiri.
Untuk konflik yang terjadi antara dua pihak yang sama kuat misalnya, gaya Kancil atau Rubah cocok digunakan. Tapi kadang-kadang gaya Kancil tidak tepat digunakan pada saat seorang  pemimpin harus menunjukkan wibawa atau ketegasan pada bawahannya. Gaya Burung Hantu cocok untuk digunakan pada situasi konflik yang begitu kompleks dan butuh analisis mendalam untuk mengurai konflik. Kelemahannya, tidak cocok digunakan pada waktu yang sempit.
Sebaliknya jika penyelesaian konflik dihadapkan pada keterbatasan waktu, apalagi pihak-pihak yang berkonflik terlalu jauh kesenjangannya dalam hal pengetahuan, pengalaman atau posisinya, maka gaya Hiu adalah gaya manajemen konflik yang lebih cocok digunakan. Tapi jangan coba-coba pakai gaya Hiu jika pihak-pihak yang berkonflik setara kekuatan, pengalaman dan pengetahuannya. Konfliknya bakal semakin lama jadinya.
Untuk keperluan mengulur-ulur waktu, atau mengurusi konflik yang tidak terlalu penting, gaya Kura-kura bisa digunakan. Tapi jangan gunakan gaya ini untuk mengurai konflik yang kompleks dan berdampak serius bagi anda atau organisasi, gunakanlah gaya Burung Hantu.
Jadi, jika terjadi konflik hadapilah dengan tenang dan gunakan gaya yang cocok untuk menyelesaikan konflik tersebut. (PG)

ilustrasi gambar dari: arineromanoofficially.blogspot.com
First posted at Kompasiana: Mana Gaya Manajemen Konflik Anda?

11 comments:

  1. Replies
    1. Hahaha..... blom ada mbak Winda. Tapi kalu mau nambahin monggo sajah.... :)

      Delete
  2. baik hari semua orang, apakah Anda membutuhkan pinjaman asli untuk
    membayar tagihan Anda atau memecahkan masalah keuangan, silakan
    hubungi saya sekarang melalui email: rpoinvestment@gmail.com

    ReplyDelete



  3. Kami adalah perusahaan yang serius dan jujur ​​yang memberikan INVESTASI / PEMBIAYAAN dan KREDIT uang yang berubah dari 50.000 usd ke 50.000.000 usd memiliki semua orang yang sedang mencari pinjaman uang untuk menutupi kebutuhan, mengatur hutang , laksanakan proyek, aktifkan kembali kegiatan Anda, lebih perhatian saya meminta Anda langsung menghubungi saya melalui email: additionnefinanzas@gmail.com atau hubungi saya melalui whatsap +33 644661293 / whatsap: +51 910034390


    ReplyDelete



  4. Kami adalah perusahaan yang serius dan jujur ​​yang memberikan INVESTASI / PEMBIAYAAN dan KREDIT uang yang berubah dari 50.000 usd ke 50.000.000 usd memiliki semua orang yang sedang mencari pinjaman uang untuk menutupi kebutuhan, mengatur hutang , laksanakan proyek, aktifkan kembali kegiatan Anda, lebih perhatian saya meminta Anda langsung menghubungi saya melalui email: additionnefinanzas@gmail.com atau hubungi saya melalui whatsap +33 644661293 / whatsap: +51 910034390


    ReplyDelete



  5. Kami adalah perusahaan yang serius dan jujur ​​yang memberikan INVESTASI / PEMBIAYAAN dan KREDIT uang yang berubah dari 50.000 usd ke 50.000.000 usd memiliki semua orang yang sedang mencari pinjaman uang untuk menutupi kebutuhan, mengatur hutang , laksanakan proyek, aktifkan kembali kegiatan Anda, lebih perhatian saya meminta Anda langsung menghubungi saya melalui email: additionnefinanzas@gmail.com atau hubungi saya melalui whatsap +33 644661293 / whatsap: +51 910034390


    ReplyDelete
  6. Hello Everybody,
    My name is Ahmad Asnul Brunei, I contacted Mr. Alpha Loan Firm for a business loan amount of $250,000, Then i was told about the step of approving my requested loan amount, after taking the risk again because i was so much desperate of setting up a business to my greatest surprise, the loan amount was credited to my bank account within 24 banking hours without any stress of getting my loan. I was surprise because i was first fall a victim of scam! If you are interested of securing any loan amount & you are located in any country, I'll advise you can contact Mr. Alpha Loan Firm via Email call or add us on what's app+91-9818603391 call or add us on what's app +44-7547259888 Contact Us At : clemalphafinance@gmail.com

    ReplyDelete

  7. AFFORDABLE/COMFORTABLE LOAN OFFER WITHOUT COST/STRESS CONTACT US VIA Call/Text +1(415)630-7138 Email drbenjaminfinance@gmail.com

    Do you find yourself in a bit of trouble with unpaid bills and don’t know which way to go or where to turn? What about finding a reputable Debt Consolidation firm that can assist you in reducing monthly installment so that you will have affordable repayment options as well as room to breathe when it comes to the end of the month and bills need to get paid? BENJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE is the solution to your financial misfortune. We offer all types of loan ranging from $5,000.00 to $533,000,000.00USD with a low interest rate of 2% and loan duration of 1 to 35 years to pay back the loan secure and unsecured. Our loans are well insured for maximum security is our priority, Our leading goal is to help you get the services you deserve, Our program is the quickest way to get what you need in a snap. Kindly reduce your payments to ease the strain on your monthly expenses by Contacting us on the following Call/Text +1(415)630-7138 Email drbenjaminfinance@gmail.com

    ReplyDelete
  8. HOW ILLUMINATI BROTHERHOOD MAKE ME RICH AND FAMOUS. I am a member of the illuminati brotherhood, i want to give thanks to the Lord Lucifer, for what he has done for me, he changed my life, he bring joy and happiness to my life, i am living a good life today is because of the illuminati brotherhood, i have being try all my life to join the illuminati brotherhood, i was scammed some many times but i still did not give up, because when you give up in life, life will also give up on you, if you have been scammed so many times, my advise for you is not to give up, because the illuminati brotherhood is real, i joined the real illuminati paying just 300usd, to join the illuminati, i want you all to know today, , you don't pay money to join, my advice for you all is to make up your mind and join the illuminati brotherhood, when my initiation process was completed the benefits amount which was given to me is $1,000,000 to start a new life, this is the reason why i can not stop hailing the illuminati brotherhood, Are you a musician or a politician or a business person and you want to become rich in what you do if you are in any kind of problems or you in support in life, my advice to you is to join the illuminati brotherhood so that all your problems can be solve in life, to join the illuminati brotherhood you can contact Nathaniel Nelly on whatsapp, +1 (201) 293-7097 or Email him on illuminatinationwide2@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.