Tujuh Alasan Harus Pakai Mandiri Online
Sejak dicanangkan secara resmi oleh Bank Indonesia pada bulan Agustus tahun 2014 lalu, Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) ikut mengubah gaya hidup masyarakat. Platform pembayaran non tunai pun semakin ramai penggunanya. Kini masyarakat sudah sangat familiar dengan kartu tol, kartu debet, uang elektronik dan sarana pembayaran non tunai lainnya.
Memang, pembayaran non tunai memiliki banyak kelebihan
dibanding pembayaran tunai yang membuatnya semakin menjadi pilihan cara bertransaksi
oleh masyarakat. Antara lain, transaksi menjadi lebih praktis karena kita tidak
perlu repot-repot lagi merogoh isi dompet setiap kali bertransaksi, dengan
demikian risiko kejahatan karena membawa uang kas dalam jumlah banyak dapat
diminimalkan. Kemudian riwayat transaksi jadi lebih mudah ditelusuri, sehingga
kita sangat terbantu jika ingin menghitung pengeluaran-pengeluaran yang telah terjadi.
Ini sangat berguna untuk mereka yang ingin memaksimalkan pengelolaan keuangan
keluarga. Selain itu, banyak merchant yang
menawarkan benefit bagi masyarakat yang menggunakan transaksi non tunai,
seperti misalnya potongan harga, pembayaran bebas antri dan sebagainya.
Seiring perkembangan teknologi informasi, berbagai platform transaksi non tunai yang terhubung dengan berbagai vendor juga terus dikembangkan. Sejalan dengan hal ini, lembaga keuangan pun terus berinovasi untuk memastikan nasabah mendapatkan pelayanan transaksi non tunai yang prima dan handal.
Bank Mandiri sebagai salah satu bank yang memiliki nama besar di tanah air juga tidak mau ketinggalan melakukan melakukan inovasi pelayanan kepada nasabahnya untuk ikut mendukung Gerakan Nasional Non Tunai ini. Saat ini Mandiri Online hadir di tengah masyarakat dalam dua channel layanan online yang saling terhubung, yaitu online web dan aplikasi smartphone. Dengan demikian Mandiri online juga menjadi pilihan yang tepat untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan non tunai dan gaya hidup digital.
Kemudahan transaksi menggunakan Mandiri online dan gaya hidup digital juga didukung oleh kemitraan Mandiri dengan banyak vendor e-commerce dan fintech lainnya. Biar semakin jelas, mari kita simak tujuh kelebihan menggunakan Mandiri Online pada ulasan berikut:
1. Fitur Lengkap
Mandiri online
adalah integrasi dari dua channel
layanan online yaitu Mandiri Internet
dan Mandiri Mobile, seperti sudah
dipaparkan di atas. Dengan demikian nasabah bisa dengan mudah mengetahui
informasi keuangan pribadi seperti saldo tabungan, mutasi rekening, saldo kredit
(jika memiliki kredit) dan layanan keuangan Mandiri lainnya seperti pembukaan
deposito dengan tampilan yang sangat user
friendly. Selain mengetahui informasi keuangan, nasabah sekaligus dapat melakukan
transaksi keuangan yang menunjang gaya hidup dan kebutuhan nasabah lainnya,
seperti bayar belanja online, pembelian
pulsa, pembelian token listrik dan lain-lain.
2. Keamanan
Kejahatan dunia maya terus terjadi seiring
dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu Mandiri terus melakukan inovasi untuk
meningkatkan keamanan layanan keuangan online
yang ditawarkan kepada nasabahnya. Untuk fitur keamanan, Mandiri menggunakan teknologi
OOB (Out of Band) dengan memisahkan
jalur data untuk layanan transaksi keuangan dengan jalur komunikasi data
lainnya. Hal ini membuat maintenance
keamanan jaringan lebih mudah dilakukan dan peluang terjadinya kejahatan cyber lebih kecil. Selain itu langkah keamanan
lain yang diterapkan Mandiri online
adalah fitur approval transaksi keuangan
yang dapat dilakukan via token atau mobile
apps.
3. Satu Akses
Untuk memudahkan akses Mandiri online, pengguna hanya perlu memiliki
satu user ID dan satu password saja untuk
login ke dalam sistem Mandiri online baik
berupa Mandiri Internet maupun Mandiri mobile.
Jadi akses Mandiri online dapat
dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui perangkat mobile atau komputer laptop/desktop, selama terhubung dengan
jaringan internet.
4. Shortcut
Transaksi
Untuk memudahkan eksekusi transaksi yang
sudah dilakukan secara rutin, Mandiri online
dilengkapi dengan menu Favoritku
untuk menyimpan riwayat transaksi dan membukanya kembali dengan satu sentuhan. Misalnya
untuk memudahkan kita melakukan pembayaran rekening listrik setiap bulan, kita cukup
menyimpan transaksi pembayaran rekening listrik pada menu Favoritku. Kali
berikut jika ingin membayar listrik dengan rekening yang sama lagi, kita tidak
perlu mengetik ulang nomor pelanggannya. Cukup membuka menu Favoritku, mencari
riwayat pembayaran listrik dan mengetikkan nominal pembayarannya saja. Kemudahan
ini berlaku juga untuk menyimpan riwayat transfer jika kita sering melakukan
transfer para rekening tujuan yang sama atau pengisian pulsa HP.
5. Kemudahan
Top Up
Bank Mandiri memiliki sejumlah media
pembayaran online seperti e-money dan
e-cash. Dengan Mandiri online, pengguna dapat melakukan isi
ulang atau top up saldo e-money dan e-cash dengan mudah. Kemudahan top
up ini berlaku pula untuk mitra fintech
lainnya seperti go-pay yang saat ini
telah memiliki banyak pengguna.
6.
Terhubung
dengan Banyak e-commerce
Gaya hidup digital membuat masyarakat mencari
penyedia layanan keuangan yang memiliki akses kepada banyak saluran e-commerce. Saat ini Mandiri online telah menjadi mitra banyak e-commerce termasuk yang jasanya
seringkali digunakan oleh masyarakat. Misalnya agen perjalanan seperti
Traveloka, penyedia jasa hiburan seperti Genflix dan M-tix, toko buku online seperti Grazera, toko keroyokan
seperti Tokopedia dan banyak lagi e-commerce
lainnya.
7. Fasilitas Transfer
Pemindahbukuan dana antar rekening dalam
satu bank, maupun antar rekening yang berbeda bank sudah menjadi fitur standar
pada layanan online perbankan, demikian
pula dengan Mandiri online. Melalui fitur
transfer ini, nasabah memiliki kemudahan untuk melakukan mobilisasi dana kepada
orang lain atau kepada rekening sendiri, untuk keperluan bisnis atau keperluan
lainnya.
Nah, dengan keunggulan-keunggulan tersebut,
pengguna Mandiri online akan semakin mudah
melakukan transaksi keuangan dimana saja dan kapan saja dengan jaminan keamanan
layanan keuangan yang memadai. Pengguna pun semakin jadi mandiri dalam memenuhi
kebutuhan-kebutuhan keuangan dan menunjang gaya hidup digitalnya.
---
keterangan gambar:
1. gambar dari https://ibank.bankmandiri.co.id/
Post a Comment