Bos Penyabar pun Bisa Marah Karena Kesalahan Ini
Para karyawan menghabiskan paling kurang sepertiga dari
waktunya di tempat kerja. Oleh karena itu tempat kerja dapat dikatakan menjadi
rumah kedua dan rekan kerja menjadi keluarga kedua setelah keluarga dan rumah
yang ditinggalkan. Oleh karena itu relasi dengan rekan kerja, baik yang sama
maupun berbeda posisinya seringkali menjadi lebih dari sekadar relasi
organisasi.
Walaupun demikian, kita tetap harus menjunjung tinggi
profesionalitas di tempat kerja dengan pandai-pandai memilah urusan pribadi dan
urusan pekerjaan. Banyak masalah-masalah yang mengganggu kinerja perorangan
maupun kinerja tim berawal dari kesalahan ini.
Jika bos atau pimpinan kita orangnya baik dan penuh
pengertian, mungkin kita masih diberi
banyak kelonggaran. Tapi sebaik apapun atasan kita, tentu ada kaidah-kaidah
organisasi yang membatasi dispensasi dan kebijakan yang dapat diberikannya. Kesabaran
pimpinan kita pun pasti memiliki batasan, apalagi jika kita sudah sampai pada kesalahan-kesalahan
tertentu.
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, paling tidak ada empat
kesalahan mendasar yang membuat seorang bos atau pimpinan paling sabar
sekalipun bisa marah besar kepada bawahannya. Berikut ulasannya.
Laporan/Data Tidak Valid
Resep
obat yang diberikan dokter kepada pasiennya sangat tergantung pada diagnosa si
dokter. Salah diagnosa, bisa berujung pada salah resep dan kemungkinan besar si
pasien tidak akan sembuh dari penyakitnya. Demikian pula dengan keputusan
strategis sebuah organisasi. Data-data dan laporan-laporan yang dikumpulkan
dari struktur manajemen paling bawah sampai paling atas berguna untuk mendukung
analisis dan pengambilan keputusan strategis organisasi. Salah data atau
laporan bisa berujung pada salah keputusan yang memengaruhi arah dan percepatan
organisasi. Inilah yang membuat pimpinan bisa marah besar jika bawahannya
membuat data atau laporan yang tidak valid, asal-asalan apalagi memang sengaja dipalsukan
dengan berbagai alasan. Pimpinan kita bisa jadi juga harus
mempertanggungjawabkan kinerjanya pada pimpinan yang lebih tinggi lagi, jadi
kredibilitasnya juga ikut dipertaruhkan dengan hasil kerja kita.
Membocorkan Informasi Perusahaan
Ibarat
rumah tangga, setiap organisasi atau perusahaan memiliki informasi-informasi internal
yang tidak perlu diketahui oleh pihak luar karena memang tidak relevan untuk
diketahui atau karena terkait dengan hidup matinya organisasi atau perusahaan tersebut.
Informasi ini misalnya basis data pelanggan dan supplier, latar belakang karyawan, formula/bahan baku, sistem
informasi yang digunakan, kebijakan-kebijakan strategis, kondisi keuangan dan
sebagainya. Makanya banyak perusahaan yang memasukan frase “menjaga
kerahasiaan” ke dalam kode etik dan aturan-aturan kepegawaian lainnya untuk
mengikat karyawan mereka. Jadi tidak usah heran jika pimpinan marah besar untuk
urusan yang satu ini. Bahkan bukan hanya informasi-informasi besar, hal-hal yang
kita anggap remeh seperti kondisi kantor yang tidak menyenangkan, masalah
dengan rekan kerja pun sebaiknya jangan diumbar begitu saja di media sosial
kita, jika tidak ingin pimpinan uring-uringan.
Kesalahan Berulang
Kesalahan
kecil yang terjadi sekali atau dua kali mungkin masih bisa mendapat dispensasi,
apalagi kalau pimpinan kita adalah seorang yang baik hati dan memberi banyak
kesempatan untuk memperbaiki kinerja bawahannya. Tapi setiap orang pasti
memiliki batas kesabaran. Untuk seorang pimpinan, itu bisa terjadi kalau
bawahannya melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang kali. Selain itu,
kesalahan berulang juga bisa menjadi salah satu indikasi kita tidak serius
dalam pekerjaan kita. Seorang pemimpin yang baik tahu dengan pasti, membiarkan
seorang yang tidak serius dalam pekerjaannya dengan melakukan kesalahan yang
sama berulang kali dapat membawa pengaruh buruk bagi rekan-rekan kerja yang
lain.
Konflik dengan Rekan Kerja
Dalam
relasi inter-personal, termasuk relasi di tempat kerja, konflik adalah sesuatu
yang wajar terjadi karena setiap manusia memiliki peta pikiran yang
berbeda-beda. Seorang pemimpin bertugas mengelola konflik ini sehingga tidak
membesar dan menimbulkan hal-hal yang dapat merugikan organisasi. Namun
seringkali pengelolaan konflik ini tidak berjalan mulus jika mereka yang terlibat
konflik sama-sama tidak mau menurunkan egoisme dan tidak mendengarkan arahan
pimpinannya. Apalagi jika konflik tersebut sudah mengarah kepada perkelahian
fisik. Pada saat inilah seorang pemimpin harus mengambil tindakan tegas atau
konflik tersebut menghambat kinerja tim atau organisasi secara keseluruhan.
Memang,
tidak semua orang dapat memainkan perannya dengan baik, bahkan untuk seorang
bos atau pimpinan sekalipun. Tapi jika saat ini berada pada posisi bawahan atau
orang-orang yang dipimpin, kita harus mampu mendukung pimpinan kita dengan
menunjukan kinerja terbaik. Sedapat mungkin minimalkan kesalahan-kesalahan
dalam bekerja, karena kesalahan kita juga secara langsung maupun tidak langsung
membawa pengaruh bagi kinerja organisasi, termasuk kinerja pimpinan kita. Melakukan
kesalahan itu manusiawi. Tapi selagi kita memiliki iktikad baik untuk terus
memperbaiki diri, kesalahan itu akan menjadi bagian dari pembelajaran. Pimpinan
yang baik pun pasti akan menghargai bawahan yang mau terus meningkatkan
kinerjanya.
---
gambar dari https://lifestyel.bisnis.com/
Untuk para pecinta permainan poker online....jangan bimbang dan jangan ragu bergabung bersama POKER JAGODOMINO Kami karena kami menghadirkan PROMO BONUS SPEKTAKULER berlaku untuk SETIAP BULANAN NYA.....
ReplyDeleteAnda cukup meningkatkan terus turnover anda dan jadilah pemenang di WWW,JAGODOMINO,COM SETIAP BULAN.
Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
* LIVECHAT Jago188(dot)net
* PIN BBM : 2AF6F43D
* WA : +855717086677
* LINE : Jagodomino
Salam Sukses Jagodomino
INGIN CEPAT JADI JUTAWAN YUK MARI GABUNG SEKARANG JUGA
ReplyDeleteKharismaPokerMenjadiSitusBandarQOnlineTerprcayaIndonesia
Promo yang diberikan :
Minimal DP dan WD Rp. 20.000.
Support bank lokal : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan DANAMON.
Bisa dimainkan di iPhone, Android, PC / Laptop.
Online 24 jam setiap hari meskipun hari libur nasional.
Memiliki link alternatif : KharismaPoker.net.
CS nya banyak , jadi pelayanannya cepat.
Bonus REFERRAL 20% setiap minggunya.
Bonus CASHBACK 0,5% setiap minggunya.
Contact resmi kharismaPoker :
Telp :+85588278896
BBM;dc7cdd80