Tiga Jenis Blogger Menurut Teori McClelland
Saat sedang membuka-buka kembali materi-materi training jadul bersama salah satu kawan
kantor, tanpa sengaja saya menemukan teori motivasi yang digagas oleh seorang
psikolog Amerika Serikat bernama David C. McClelland. McClelland adalah seorang
penulis dan akademisi terkenal. Dalam bukunya yang bertajuk The Achieving Society, McClelland
memperkenalkan sebuah teori yang dikenal dengan nama Theory of Needs. Teori mengenai motivasi manusia ini kemudian
digunakan dan dikembangkan dalam ilmu sosial ekonomi kontemporer.
Penjelasan ringkas ketiga tipe motivasi tersebut sebagai
berikut:
n-Ach
Orang-orang bertipe ini mudah termotivasi dengan tantangan
kerja yang diberikan kepadanya. Misalnya pencapaian target. Pikiran orang-orang
n-Ach selalu terarah untuk mengolah
sumber daya yang dimilikinya serta menghitung resiko dan peluang untuk mencapai
targetnya. Mereka senang melihat progress
dari pekerjaan atau proyek yang sedang mereka lakukan. Jika berada pada posisi
bawahan, mereka mengharapkan penilaian dan masukan secara berkala terhadap
tugas yang mereka lakukan. Jadi cara memotivasi orang-orang tipe ini adalah
dengan memberi mereka tantangan untuk memancing prestasi mereka, lalu beri reward yang sepadan dengan prestasi
mereka.
n-Pow
Sementara itu,
orang-orang bertipe n-Pow
lebih termotivasi jika diberi otoritas atau kekuasaan. Mereka senang berada
pada posisi atasan dan menggunakannya untuk mempengaruhi orang lain. Mereka
juga menikmati status-status tertentu yang diberikan kepadanya. Memimpin tim,
memberi perintah dan memenangkan perbedaan pendapat adalah typical mereka. Cara membangun motivasi orang-orang tipe ini adalah
dengan memberi mereka otoritas dan bila perlu iklim persaingan untuk
dimenangkan.
n-Affil
Budaya gotong royong dan kekeluargaan sudah ditanamkan pada
generasi demi generasi bangsa ini sejak dahulu. Oleh karena itu, banyak orang
Indonesia yang tergolong ke dalam tipe ini. Orang-orang dengan tipe n-Affil akan termotivasi dengan
penerimaan dan hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka
lebih suka berkolaborasi dibanding berkompetisi. Mereka memilih mengorbankan
kepentingan pribadi demi mencapai kepentingan bersama. Cara memotivasi mereka
adalah membuat mereka merasa diterima dalam tim dengan membangun suasana kerja
yang hangat.
Pengetahuan mengenai Theory
of Needs ini penting untuk para pemimpin yang ingin menggerakkan timnya. Mereka
harus mengenal dengan baik karakter setiap anggota tim agar mampu memberikan
pendekatan motivasi yang sesuai.
Lantas apa
hubungannya dengan blogger?
Nah, tulis menulis itu juga sebuah pekerjaan yang
membutuhkan motivasi. Penulis khususnya blogger
juga membutuhkan pendorong agar mampu terus melahirkan karya demi karya. Jadi jika menyambung teori McClelland ini, ada
tiga jenis blogger berdasarkan
motivasi menulisnya.
n-Ach Blogger
Kemungkinan besar, blogger
yang cukup sering memenangkan kompetisi blogging
adalah tipe blogger yang satu ini. Menulis adalah cara mereka mengalahkan
tantangan yang diberikan kepadanya. Tulisan mereka detail, tajam dan dalam
sehingga menimbulkan kesan mereka tidak main-main dengan karyanya. Mereka
pandai mengolah data, bahkan dari referensi yang tidak umum, untuk menguatkan
tulisannya.
n-Pow Blogger
Nah, blogger tipe
ini selalu berusaha menanamkan pengaruhnya kepada banyak orang. Mereka memiliki
banyak follower dan dikelilingi oleh
orang-orang yang selalu mendukung gagasannya. Mereka senang beradu argumen.
Oleh karena itu tulisan mereka selalu terlihat meyakinkan. Mereka memiliki
banyak wawasan. Mereka pandai menghubung-hubungkan fakta untuk mendukung
opininya sekaligus menyerang orang-orang yang bertentangan dengannya.
n-Affil Blogger
Blogger dengan
tipe ini seringkali tampil seperti trademark
sebuah komunitas. Mereka selalu hadir dalam perbincangan-perbincangan lepas
atau pada saat kawan-kawan blogger
membahas topik tertentu. Mereka rajin menyambangi artikel kawan yang lain,
entah untuk memberi komentar atau sekedar “tanda” kehadiran. Mereka tidak
selalu muncul sebagai bintang, tetapi orang akan merasa ada yang hilang jika blogger tipe ini tidak hadir. Mereka
lebih senang menulis hal-hal yang ringan, yang disenangi banyak orang dan jauh
dari potensi konflik.
Tentu tiga tipe motivasi di atas ada pada diri kita
masing-masing. Namun pasti ada satu tipe yang mendominasi atau lebih sering
jadi penggerak kita menulis. Setelah “meraba-raba” diri sendiri, lihat juga
kawan-kawan blogger anda. Mereka termasuk tipe yang mana? Kita bisa membuat
perkiraan dengan melihat tulisan-tulisan yang pernah mereka tayangkan. Memahami
tipe mereka bisa membantu kita berelasi dengan lebih baik, sekalipun hanya
lewat dunia maya. (PG)
------
First posted at kompasiana
ilustrasi gambar dari: kabenlah.com
Post a Comment